r e k o n s t r u k s i s e n a n d u n g b i n t a n g

Bintang pun bisa mengeluarkan suara. Bagaimana suaranya, dengarkan di sini…
 

mengais cahaya bintang

Sudah dari dulu banget kita tahu, bahwa bintang di langit telah memikat mata setiap manusia dengan bentuk dan kerlipnya. Tapi, tahukah Anda, bahwa menurut para astrofisikawan dari Universitas of Birmingham beserta para ilmuwan NASA  menyatakan kalau Bintang ternyata bisa ‘bernyanyi’.

Nyanyian Bintang itu mereka tangkap ketika mengukur perubahan kerlip bintang KIC 11026764 atau yang juga di kenal dengan nama ‘Gemma’ yang berasal dari bahasa Italia, yang memiliki arti yaitu batu mulia (jewel). Bintang ini besarnya sekitar dua kali lipat besarnya Matahari.

Lalu bagaimana dengan Bintang yang gue punya? karena apa yang gue dapat, justru kesebalikan dari data riset para ilmuwan diatas. Gue gak bisa merekonstruksikan setiap kilau dari bintang yang gue punya, untuk diubah menjadi sebuah alunan nada yang merdu. Apa karena Bintang gue jarang terlihat?.

Umumnya dengan jarak ribuan bahkan jutaan tahun cahaya, bintang tetep bisa kita lihat karena selalu mampir untuk singgah disetiap malamnya. Tapi Bintang yang gue punya tidaklah demikian, gak mesti setiap malam bisa terlihat, padahal jaraknya cuma ratusan dalam satuan kilometer doang. Gak sampe ribuan kilometer apalagi jutaan dalam hitungan satuan tahun cahaya.

Cuma Bulan, Sang Ratu Malam, yang membantu gue sedikit bisa bersugesti. Bahwa jarak bukanlah suatu kendala, karena selama gue dan dia bisa melihat benda yang sama dalam waktu yang bersamaan, selama kita masih bisa melihat bulan yang sama dalam satu malam, berarti jarak kita gak terlalu jauh.

Para ilmuwan diatas tadi yang menemukan bahwa bintang yang berjarak 3.100 triliun mil dari Bumi bisa bergetar seperti instrumen musik. Getaran ini disebabkan proses mirip gempa atau ‘starquake‘ — yang beresonansi dari permukaan menuju ke inti bintang. Dengan menggunakan teknik yang disebut astroseismologi, para ilmuwan mampu mendeteksi kerlip itu dan merekonstruksi suara yang dihasilkannya. Dan hasilnya, adalah  dengung yang harmonis yang terdengar seperti hembusan angin tipis di atas mikrofon.

“ini bukan sembarang nyanyian, karena ini dapat menguak informasi baru yang berharga tentang struktur internal bintang” – Dr Bill Chaplin, asteroseismolog di Birmingham University

Mengutip dari paragraf diatas, itu adalah cara merekonstruksikan suara dari bintang, dengan mendeteksi setiap kerlip yang ada dengan tekhnik yang disebut astroseismologi. Yang mana resonansi dari permukaan hingga inti bintang itu bisa menghasilkan hembusan semilir angin yang berdengung tipis dan harmonis.

Lalu bagaimana dengan sebaliknya?.  Bagaimana caranya merekonstruksikan suara Bintang yang gue punya agar menjadi sebuah cahaya yang berkilau? Bintang mempunyai musik karena resonansi getaran ‘starquake’ dari permukaan menuju ke inti. Kalau Bintang yang gue punya juga bisa bergetar, dan getaran itu juga sama seperti gempa ‘heartquake’ – yang sama juga prosesnya, yaitu beresonansi dari inti hati menuju ke permukaan pemikiran yang sempit. Gue gak tahu seberapa besar getaran tadi, mungkin gue juga harus mempelajari teknik yang bernama selfiseismologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang ke-egoisan, entah apa nama ilmu sebenernya, itu cuma khayalan gue ajah.

Di saat Bintang memiliki kerlip yang indah maka dia bisa membuat instrument musik yang merdu, berarti simplenya Bintang gue harus bersuara merdu dulu, baru dia bisa bercahaya, berkilau dan benderang. sayangnya terkedang suara Bintang gue melantun dalam melodi yang bergenre emosi! terkadang alunan suaranya bersenandung  irama sakit dan benci.

Kalau amarah menjadi nada dasar Bintang gue untuk bersuara, mampukah gue mendeteksinya menjadi sebuah harmonisasi campuran warna yang seimbang?

Mungkin gue bisa..

Awalnya yaitu dengan cara merekonstruksi nada sakit dari setiap kata yang gue keluarin dulu, gue harus berhenti ‘nyampah’ dulu, baru setelah itu gue bisa merekonstruksi senandung bintang yang gue punya menjadi warna yang memiliki harmoni.

One thought on “r e k o n s t r u k s i s e n a n d u n g b i n t a n g

Leave a Reply

